Makanan Khas Situbondo

MAKANAN KHAS DI SITUBONDO


Mengulik kembali keunikan Situbondo, selain terkenal dengan pantai-pantainya yang keren, ternyata kabupaten yang berbatasan dengan Banyuwangi ini memiliki beragam kuliner khas, lho. Penasaran? Yuk, intip beberapa makanan khas Situbondo yang telah dirangkum berikut ini:


1. TAJIN PALAPPA




Tajin Palapa merupakan salah satu menu sarapan andalan orang Situbondo. Makanan ini terdiri dari bubur yang disajikan dengan bumbu kacang, toge, kangkung, dan bisa juga ditambahkan gorengan ote-ote yang dipotong kecil. Sebenarnya, yang menjadikan makanan ini khas terletak pada bumbunya. Meski memiliki tampilan yang sama dengan bumbu pecel, tetapi bumbu yang digunakan Tajin Palapa ini lebih encer. Jika kamu berkesempatan mencicipi makanan khas Situbondo ini, jangan lupa santap bersama kerupuk warna-warninya, ya!

2. NASI KARAK


Berkunjung ke Situbondo memang belum lengkap jika kamu belum mencicipi makanan yang satu ini. Di Situbondo sendiri, makanan ini sangat populer dan terkenal kelezatannya.
Sebenarnya, makanan ini tak jauh berbeda dengan nasi kucing yang ditawarkan di beberapa daerah. Hanya saja, makanan ini terdiri dari nasi yang diberi taburan parutan kelapa, dan diberi tambahan lauk pauk berupa tahu, tempe goreng, hingga ikan tongkol yang berbumbu.

3. NASI SODU



Jika kamu berkunjung ke Situbondo, jangan lupa mencicipi makanan khas Situbondo yang satu ini. Makanan yang biasa dipanggil Nasi Sodu ini terdiri dari nasi dengan siraman kuah santan labu, ikan tongkol yang sudah dibakar, dan tambahan sambal cengi (sambal dengan potongan timun dan kecambah).Menariknya, nama Nasi Sodu sendiri diambil dari cara penyajiannya yang menggunakan daun pisang sebagai piring dengan cara disodu dengan menggunakan sendok dari daun pisang juga. Karena makanan khas ini memiliki cita rasa yang cenderung manis, nah, rasanya akan semakin sedap jika kamu tambahkan sambal lagi.

4. RUJAK PETIS



Rujak petis ini merupakan makanan khas Situbondo yang dimasak dengan beberapa rempah dan juga di campur dengan beraga sayuran yang membuat rujak petis ini menjadi makanan yang menyehatkan.Rujak petis ini disajikan dengan beberapa irisan mangga muda, tahu bengkoang, kedondong dan juga berbagai bahan tambahan yang lain. Yang membuat kuliner ini sangat istimewa adalah penyajian rujak petis yang ditambah pisang muda dan petis udang.

5. RENGGINANG



Kalau ini sih sebenarnya lebih masuk ke cemilan ya, bukan makanan berat. Namun tetap saja masuk dalam makanan khas Situbondo. Rengginang ini merupakan sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Jenisnya sih setahu saya ada 2, yaitu rengginang ori yang warna kuning seperti biasa, sama rengginang merah.

6. Ikan Bakar Asap

Hasil bakaran ikannya pun sangat lezat dikarenakan membakarnya memanfaatkan asap pembakaran dari kulit kelapa, gak ada sedikitpun api pada proses pembakaran ikan itu, jikapun apinya mulai keluar, pemilik dengan segera akan menyiram api tersebut. ini yang membuat ikan bakarnya tersa beda dengan ikan bakar di tempat-tempat lain walau pembakaran ikan tersbut tanpa bumbu, ikan hanya dibersihkan, disayat-sayat dan dibuang bagian dalamnya. 


sumber : https://www.brilio.net/creator/7-makanan-khas-situbondo-yang-nagih-banget-cobain-deh-2215c9.html

0 komentar:

Posting Komentar